Ini Saran Syamsuddin Umar Buat PSM

By Admin


nusakini.com-Makassar-Mantan pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Umar menyarankan skuat Juku Eja lebih fokus pada penampilan teknis daripada memikirkan faktor non teknis. Pelatih yang membawa PSM juara Piala Perserikatan 1992 dan Liga Indonesia 1999/2000 ini menilai penampilan PSM musim ini memang layak jadi kandidat juara. 

"Kompetisi musim ini tinggal tersisa dua laga. Secara teknis, PSM memang layak konsisten di papan atas dan berpeluang jadi juara. Jadi lebih baik para pemain fokus menatap dua laga sisa," kata Syamsuddin.

Syamsuddin merujuk selentingan kabar yang beredar di media sosial bahwa Persija sengaja 'disetting' juara musim ini. "Untuk apa memikirkan hal seperti itu. Disinilah tugas pelatih untuk menjaga mental dan sikap pemain," tegasnya.

Syamsuddin berharap saat masuk ke lapangan, semua pemain berpikir positif. "Jangan pikir macam-macam. Apalagi mencurigai wasit akan berbuat curang. Karena hal seperti ini bisa mengganggu konsentrasi pemain sehingga tidak fokus pada pertandingan," kata Syamsuddin.

Bagi Syamsuddin, apa yang dicapai PSM saat ini sudah seperti juara. "PSM sudah juara di hati. Tinggal pembuktian dengan meraih trofi. Ini yang harus ditanamkan ke semua elemen tim," pungkas Syamsuddin.(ab)